oleh

Kisah Bung Hatta dan Jenderal Nyentrik Mustopo

[BP] – Tatar Pakidulan

Siapa yang tidak mengenal Muhammad Hatta. Sosok yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. 

Bung Hatta sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu.

Siapapun akan kena tegur Bung Hatta bila tidak disiplin

“Celakalah kita kalau datang terlambat dari jam yang telah dijanjikan. Akan sukar minta bertemu lagi, jika sekali terbukti kita tidak dapat menjaga waktu yang tepat,” kata Mochtar Lubis dalam “Bung Hatta Manusia Berdisiplin” 

Bung Hatta tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Meski demikian, seorang jenderal pernah juga cari perkara dengan Bung Hatta. Namanya Moestopo, dengan pangkat mayor jenderal. Pada 1946, Moestopo memimpin Pasukan Terate (Tentara Rahasia Tertinggi) yang merupakan sekumpulan copet dan maling di front Subang, Jawa Barat.

READ  Pelaku Usaha Bordir Manual Cianjur Belum Dapat Bantuan

Pada suatu hari di minggu pagi, Moestopo mendapat perintah via telegram untuk menghadap Bung Hatta. Pesan telegram mengatakan bahwa Bung Hatta menantinya pada pukul 8.00 pagi. Jamuan pun telah disediakan oleh Nyonya Rahmi Hatta berupa teh dan kue sebagai penganan sarapan. Sang jenderal segera bergegas.

Di tengah perjalanan, apes melanda Moestopo. Kendaraan yang membawanya menuju kediaman Bung Hatta mengalami masalah. Untuk tetap melaju, mobilnya pun terpaksa harus didorong.

“Maklumlah mobil di zaman revolusi butut, sehingga semuanya mempunyai penyakit harus didorong,” tulis Moestopo dalam “Bersama Bung Hatta, Proklamator dan Wakil Presiden RI Pertama” termuat dalam Bung Hatta: Pribadinya dalam Kenangan.

READ  Rudi: Tetap Bersyukur Meski Jadi Petugas Kebersihan

Setibanya di rumah Bung Hatta, Moestopo terlambat lima menit dari waktu bertemu yang ditentukan. sang jenderal memberi hormat militer dengan tegap. Bung Hatta menerima kedatangan Moestopo dan menyambutnya dengan dingin.

“Hai! Kamu itu jenderal atau bukan? Kalau jenderal mana disiplinmu?” bentak Bung Hatta.  

Bukannya tersindir atau malu, Moestopo malah berseloroh, “Bung, maklumlah kita berjuang berdikari. Saya tahu bahwa pemerintah hanya dapat memberikan mobil butut kepada jenderalnya sehingga perlu didorong-dorong dulu mobil itu.”

Mendengar jawaban itu, si Bung hanya tersenyum. Moestopo pun dipersilahkannya duduk untuk memulai sarapan pagi. Sang jenderal yang ngaret datang itu pun bernapas lega lolos dari amarah Bung Hatta. [wastukancana]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 komentar

  1. Dari artikel diatas bahwa Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Ia di kenal dengan sikap kedisiplinan nya. Bung Hatta tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sehingga kita harus mencontohkan sikap bung hatta tersebut dalam kehidupan sehari hari agar di siplin waktu.

  2. Artikel ini menjelaskan bahwa Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia.
    Bung Hatta sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu.
    Siapapun akan kena tegur Bung Hatta bila tidak disiplin.Sikap ia harus kita contoh dalam kehidupan sehari hari.

  3. Menurut pendapat saya artikel di atas sangat lah menarik dan bagus karena Sosok yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yang sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu.
    Siapapun akan kena tegur Bung Hatta bila tidak disiplin. Bung Hatta tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer.

  4. Siapa yang tidak kenal Sosok sebutan Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Yang telah memperjuangkan bangsa indonesia.Bung Hatta sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu. Jika ada yang melanggar disiplin waktu maka dia tidak segan untuk menegurnya.

  5. Mohammad Hatta adalah sosok bapak negeri yang jujur, disiplin, ramah dan sederhana. Ia dikenal sebagai sosok yang religius dan sangat disiplin terhadap waktu. Sejak kecil ia dididik untuk berperilaku dan beribadah secara disiplin. Sosok bung Hatta ini diabadikan dalam buku yang ditulis oleh Dr. Deliar Noer, seorang pakar ilmu politik yang semasa hidupnya sangat akrab dengan Bung Hatta.

  6. Mohammad Hatta atau Bung Hatta merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Ia dikenal sebagai seseorang yg memiliki sikap disiplin yang sangat tinggi terutama disiplin waktu, selain itu ia juga tegas, berani dan bertanggung jawab. Sikapnya tersebut haruslah kita jadikan teladan.

  7. Mohammad Hatta atau Bung Hatta merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Ia dikenal sebagai seseorang yang memiliki sikap disiplin terutama disiplin waktu, selain itu ia juga tegas, berani, dan bertanggung jawab. Sikapnya tersebut haruslah kita jadikan teladan.

  8. Artikel di atas yaitu Bung Hatta merupakan salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu. Siapapun yang tidak Disiplin akan kena tegur oleh Bung Hatta sekalipun pejabat atau petinggi militer.
    Kenapa disiplin itu sangat penting karena disiplin itu akan terasa menyenangkan,lebih memudahkan kita dan sangat penting untuk membentuk karakter dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

  9. Menurut pendapat saya artikel di atas sangat lah menarik dan bagus karena Sosok yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yang sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu.

    “JAS MERAH”Jangan sekali kali lupakan sejarah.

  10. Bung Hatta menyadarkan kita lewat beberapa kutipan diatas untuk menepati janji saat kita telah menjanjikan sesuatu seperti menjanjikan kedatang ataupun petemuan yang diadakan, karna jika kita melanggarnya kita akan kesulitan untuk mendapatkan kepercayaannya

  11. Bung Hatta menyadarkan kita lewat beberapa kutipan diatas untuk menepati janji saat kita telah menjanjikan sesuatu seperti menjanjikan kedatang ataupun petemuan yang diadakan, karna jika kita melanggarnya kita akan kesulitan untuk mendapatkan kepercayaannya

  12. Bung Hatta menyadarkan kita lewat beberapa kutipan diatas untuk menepati janji saat kita telah menjanjikan sesuatu seperti menjanjikan kedatang ataupun petemuan yang diadakan, karna jika kita melanggarnya kita akan kesulitan untuk mendapatkan kepercayaannya

  13. Muhammad hatta atau bung hatta merupakan salah satu proklamator kemerdekaan indonesia.ia di kenal seseorang yang memiliki sikap di siplin waktu,selain itu juga ia tegas,berani,dan tanggung jawab ,harus kita dijadikan teladan.

  14. Menurut saya dari artikel diatas bung hatta adalah orang yang sangat disiplin.Bung Hatta tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Inilah sikap yang harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

  15. Setelah saya membaca artikel ini Muhamad Hatta atau sering disebut juga bung hatta Adalah seorang sosok pahlawan indonesia Bapak negara indonesia dan sekaligus sosok proklamator negara Republik indonesia.. Bung hatta memiliki sifat yang jujur,pemberani, disiplin, bertanggung jawab, tegas Dan lebih dikenal sebagai orang yang sangat disiplin terhadap waktu.. Bung hatta tidak segan2 menegur orang yang tidak disiplin terutama terhadap waktu..
    Nah kita sebagai generasi muda harus bercermin dan mencontoh sifat2 pahlawan kita..

  16. Menurut saya Mohammad Hatta adalah sosok bapak negeri yang jujur, disiplin, ramah dan sederhana. Ia dikenal sebagai sosok yang religius dan sangat disiplin terhadap waktu. Sejak kecil ia dididik untuk berperilaku dan beribadah secara disiplin.

  17. Bung hatta itu merupakan salah satu bapak ploklamator indonesia dan beliau sangat terkenal akan di siplinnya akan waktu.

  18. Artikel diatas menceritakan sosok Bung Hatta yang merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Beliau sangat terkenal dengan sikap disiplinnya soal waktu. Siapapun akan kena tegur Bung Hatta bila tidak disiplin. Beliau tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer.
    Dari Beliau saya belajar untuk menghargai waktu, bahwa waktu sangat berharga.

  19. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer.

  20. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin.

  21. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin.

  22. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin. Beliau juga mengajarkan kita untuk menepati janji karena jika kita ingkar janji maka kepercayaan akan sulit diraih kembali.

  23. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin. Beliau juga mengajarkan kita untuk menepati janji karena jika kita ingkar janji maka kepercayaan akan sulit diraih kembali.

  24. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin. Beliau juga mengajarkan kita untuk menepati janji karena jika kita ingkar janji maka kepercayaan akan sulit diraih kembali.

  25. Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yang sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu. Maka kita harus mencontohnya memakai waktu sebaik mungkin karena waktu itu adalah emas jika kita terlambat sedikit maka emas itu akan hilang,dan jika kita terlambat dan di tanyakan mengapa alasan nya terlambat maka kita harus menjawab alasan itu dengan tepat.

  26. Hmm sepertinya ini adalah masalah generasi muda yang masih gemar membuang-buang waktunya demi kepentingan yang sama sekali tidak penting, dan tentu saja saya pun sebagai generasi muda seringkali membuang waktu, karena memang disiplin itu sulit diterapkan jika kitanya masih saja memegang teguh pada kata-kata seperti, “yasudah nanti saja, waktunya masih lama kok”, padahal secara tak sadar kita telah mengulur waktu yang sudah ditetapkan. Sebisa mungkin kita tidak mengulur waktu dan disiplin akan waktu, karena waktu tidak bisa diputar kembali bahkan satu detik pun takkan pernah bisa kembali. Bung Hatta adalah contoh yang harus generasi muda teladani. Karena waktu itu sangat berharga.

  27. Dari artikel di atas. Bahwa sosok bung Hatta yang tegas dan juga disiplin. Kedisiplinan itu tertanam di diri bung Hatta kalau ada orang yang terlambat atau tidak disiplin dia tidak mau bertemu ke esokan hari nya lagi.

  28. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu. Bung Hatta Tidak segan menegur orang yang melanggar disiplin waktu, sekalipun pejabat atau petinggi militer. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari, menghargai waktu dengan disiplin. Beliau juga mengajarkan kita untuk menepati janji karena jika kita ingkar janji maka kepercayaan akan sulit diraih kembali.

  29. Siapa yang tidak mengenal Muhammad Hatta. Sosok yang lebih dikenal dengan Bung Hatta ini merupakan salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta sangat terkenal akan disiplinnya soal waktu.
    Siapapun akan kena tegur Bung Hatta bila tidak disiplin

  30. Setelah membaca artikel ini menurut saya sikap Bung Hatta patut ditiru. Bung Hatta mengajarkan saya betapa pentingnya disiplin tentang waktu