oleh

Acara Konsolidasi Dan Silaturahmi Karang Taruna Kabupaten Kuningan

-Bewara Umum-580 Dilihat

[BP] – Tatar Pakidulan

Belum lama ini, Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH., MH. menghadiri acara silaturahmi dan konsolidasi karang taruna Kabupaten Kuningan di Kecamatan Cilebak, Subang dan Salajambe dengan bertempat di halaman kantor kepala desa Jalatrang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan. Kamis, (17/09).

Dalam acara ini turut hadir Hj. Ika selaku ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Elon Carlan M.Pd selaku ketua karang taruna Kabupaten Kuningan, camat Cilebak, camat Subang, unsur muspika Kecamatan Cilebak, kepala Desa Jalatrang beserta jajaran, ketua karang taruna Cilebak, Subang, dan Salajambe, ketua UPTD kesehatan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya bupati Kuningan memberikan apresiasi atas terselenggaranya silaturahmi dan konsolidasi dari 3 karang taruna kecamatan ini. 

Karang taruna merupakan organisasi kepemudaan yang sudah ada sejak lama, organisasi sosial kemasyarakatan ini sebagai wadah dan sarana pengembangan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di desa yang bergerak dibidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

READ  Kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Dibuka Bupati Kuningan

Adapun kontribusi Karang Taruna dalam pemberdayaan pemuda di berbagai bidang, belum sepenuhnya dipahami masyarakat terutama peran dan fungsi karang taruna itu sendiri.

“Karang Taruna membantu pemerintah dalam program-program kesejahteraan sosial, yang bervisi pada pelayanan, kerelawanan, perjuangan kepeloporan, dan kesetiakawanan sosial untuk membentuk jiwa pejuang yang berpengetahuan, berkepribadian, berkarya dan dikenal.” kata Bupati Kuningan, dikutip dari rilis resmi pemkab.

Kegiatan  Karang Taruna dapat membawa aspirasi masyarakat untuk menyuarakan pembangunan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). 

Berkaitan dengan pembinaan pemuda untuk terus meningkatkan kualitas dan aktivitas karang taruna dalam penanganan permasalahan sosial yang mampu menjembatani sinergitas yang akan menghubungkan pemerintah dengan masyarakat dalam harmoni sosial yang kuat dan saling menguatkan. 

READ  Kuningan Berhasil Meraih  Penghargaan Lomba MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Dengan mengusung tema “Bersatu dalam kesetiakawanan sosial menuju Kuningan MAJU (Mandiri, Agamis, dan Pinunjul) berbasis desa tahun 2023” diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran karang taruna sesuai dengan pedoman dasar dalam melaksanakan pembinaan terhadap generasi muda dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Kuningan. 

Dalam kegiatannya karang taruna tidak dapat bekerja sendiri, melainkan sangat membutuhkan bimbingan, arahan, bantuan dan pemberdayaan baik dari pemerintah daerah maupun stakeholder terkait. “Adanya karang taruna diharapkan dapat berinovasi untuk melakukan pengembangan potensi yang ada di desa”. Sambung ketua karang taruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan.

Dalam akhir sambutannya, Bupati menyampaikan harapan Karang Taruna Kabupaten Kuningan dapat berperan aktif dalam upaya menangani masalah-masalah kesejahteraan sosial di kalangan masyarakat. 

Menurutnya para pengurus Karang Taruna harus mempunyai rasa sosial yang tinggi, di samping itu juga mampu mengembangkan usaha ekonomi produktif dan mandiri. [wastukancana]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Apa yg dilakukan ini benar dan menbantu karena dengan adanya Kegiatan Karang Taruna dapat membawa aspirasi masyarakat untuk menyuarakan pembangunan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD)