oleh

Desa Panjalu dan Kecamatan Cikoneng Berhasil Raih Skor Tertinggi IDM Di Kabupaten Ciamis

Ciamis, Bewara Pakidulan – Pada kegiatan Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Ciamis 2021, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan apresiasi pada Desa Panjalu dan Kecamatan Cikoneng yang meraih skor tertinggi IDM Kabupaten Ciamis Tahun 2021.

Kegiatan deklarasi IDM ini disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Ciamis yang digelar di Aula Setda Ciamis, Senin (24/05/21), dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar 

Dalam deklarasi tersebut, lima desa berhasil meraih desa mandiri di tahun 2021 dan mendapatkan reward dari Pemprov Jabar maupun Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis Ape Ruswanda menyatakan bahwa sebanyak 49 desa di Kabupaten Ciamis saat ini sudah meraih Desa Mandiri dari 258 desa yang ada.

READ  Kapolri: Jangan Anti-Kritik, Lakukan Introspeksi Untuk Jadi Lebih Baik

Untuk kategori desa, Desa Panjalu merupakan Desa yang berhasil menduduki peringkat pertama desa mandiri dengan skor 0.985.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, Kecamatan Cikoneng menjadi kecamatan dengan desa mandiri terbanyak dengan 6 dari 9 desa yang meraih desa mandiri atau naik 100%.

Menurut Kepala Desa Panjalu, Yuyus Surya Adinegara, keberhasilan Desa Panjalu dalam meraih peringkat pertama Desa Mandiri karena berhasil memenuhi tiga indeks yang menjadi indikator dalam IDM.

READ  Satukan Visi Misi, Ketua APDESI Kabupaten Cianjur Harapkan Karang Taruna Untuk Bersatu

Desa Panjalu yang memiliki motto “Ngawangun Panjalu Babarengan” ini berhasil meraih skor 0,9848 di tahun 2021 atau 0,1073 naik dari tahun sebelumnya.

Keberhasilan ini, menurut Yuyus, tidak lepas berkat kemampuan dalam memaksimalkan potensi desa sehingga mampu menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) yang dapat digunakan dalam pembangunan di Desa Panjalu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Cikoneng, Asep Sutisna. Dia mengungkapkan bahwa keberhasilan Kecamatan Cikoneng meraih Desa Mandiri terbanyak tidak terlepas dari sinergitas berbagai pihak baik pemerintah, masyarakat dan swasta. (Bunisora)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar