oleh

Grup Baraya Labuan Banten Perbaiki Rumah Reyot Milik Mak Minah Secara Swadaya

PANDEGLANG, Bewarapakidulan | Perkumpulan warga Labuan yang tergabung dalam grup “Baraya Labuan” berikan bantuan untuk perbaikan rumah milik Mak Minah (60) Warga di Kampung Muncang Desa/Kec. Labuan, Pandeglang, Banten, Jum’at (28/05/21).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Anggota Baraya Labuan yang enggan disebut namanya.

Pada saat penyerahan bantuan, terlihat beberapa warga kampung Muncang bergotong royong memperbaiki rumah reyot milik Mak Minah. yang kebetulan berdekatan dengan tempat tinggal keluarga besar Mantan Bupati Pandeglang di keRTan. 03/RW 09 Desa Labuan.

Ketua RW 09, H. Farid Ma’mun Sobari mengatakan, kondisi mak minah memang sangat memperihatinkan, selain sudah usia lanjut, Mak Minah juga merupakan penderita disabilitas karena kakinya tidak normal seperti orang pada umumnya.

“Sebetulnya kondisi Mak Minah seperti ini sudah 10 tahun lebih, sangat sangat memperihatinkan, rumahnya bocor, tidak punya kamar mandi dan WC bahkan kasur pun tidak ada, makanya setiap hari beliau selalu tidur di amben yang ada di depan rumahnya, sebetulnya mak Minah tinggal berdua dengan anaknya tapi karena anaknya juga seperti itu kondisinya (tidak normal) jadi gak ada yang bisa diharapkan,” katanya

READ  Pelaku Bom Bunuh Diri Di Makassar Pasangan Suami Istri Baru Menikah 6 Bulan

Ma’mun menambahkan, Mak minah memiliki dua orang anak, namun anak yang pertama tidak tinggal bersama karena sudah berkeluarga.

Meski kondisi mak minah cukup memprihatinkan namun kata Ma’mun, tidak ada bantuan apapun untuk perbaikan tempat tinggalnya, baik dari pemdes labuan, kecamatan maupun pemda.

“Ya kami berinisiatif bagaimana caranya agar rumah mak minah yang tidak layak ini menjadi layak untuk ditinggali, tadinya kami berharap akan ada program bedah rumah namun hingga saat ini tidak ada juga, akhirnya kami musyawarah dengan warga disini terkait kondisi rumah Mak Minah,” imbuhnya.

lanjut Ma’mun, kebetulan ada salah satu warga yang memiliki bahan material sisa di rumahnya dan beliau juga menyumbang bantuan berupa uang, dari situ warga tergerak untuk bergotong royong membongkar serta memperbaiki rumah Mak Minah.

READ  PPDI Provinsi Jabar Hadiri Rapat Hearing Bersama DPR RI Komisi II

“Selama beberapa hari ini kami bergotong royong bahkan meminta sumbangan seikhlasnya kepada para warga yang mau menyumbang, Alhamdulillah sudah terkumpul sekitar Rp. 5 jutaan itupun sebagian sudah dibelikan material,” tuturnya.

Ma’mun mengakui, anggaran untuk merehab rumah mak minah yang berukuran 30 m² ini membutuhkan dana sekitar Rp. 10 jutaan.

“Jujur saya dengan warga disini sekarang masih berusaha mencari dana tambahan itu, sementara dari pihak pemerintah juga belum ada,” akunya

Ma’mun berharap, akan ada bantuan lainnya baik dari para dermawan maupun dari pemerintah daerah, agar rumah Mak Minah segera selesai diperbaiki dengan sempurna berikut mebeulernya, seperti tempat tidur dan yang lainnya. (ILA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *