oleh

Akibat Hujan Deras, Bencana Longsor Kembali Terjadi Di Desa Bunikasih

-Bewara Desa-422 Dilihat

CIANJUR, Bewara Pakidulan | Hujan deras mengguyur Kabupaten Cianjur selama dua hari ini, mengakibatkan bencana longsor terjadi dibeberapa wilayah, diantaranya, Desa Bunikasih dan Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur

Hujan deras pada hari Jum’at 11 Juni 2021, mengakibatkan terjadinya bencana di Kp.Sarampo Legok RT 02/01 Desa Bunikasih, mengakibatkan dua rumah milik warga tergerus longsor hingga rusak berat sekitar pukul 01.00 Wib, dinihari.

Selanjutnya sekitar pukul 03.00 wib, longsor tebing setinggi 5 meter hingga menutupi akses jalan desa, terjadi di wilayah Desa Sukawangi.

Hari ini, bencana kembali terjadi akibat hujan deras pada hari Sabtu malam, mengakibatkan tebing setinggi 12 meter mengalami longsor sepanjang 15 meter di Kp. Sarampo RT 01/06 Desa Bunikasih sekitar pukul 21:15 Wib.

READ  Warga Pilih Patungan Untuk Perbaikan Jalan Desa¬†

Di lokasi kejadian, Kepala Desa Bunikasih, Memed, menjelaskan bahwa hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan tebing di kebun bambu di bahu jalan desa milik warga setempat mengalami longsor.

Adanya peristiwa tersebut, pemerintah Desa Bunikasih bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, TAGANA T 100 Kabupaten Cianjur, turun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi rumpun bambu yang menghalangi akses jalan tersebut.

“Adanya peristiwa itu, kami bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga TAGANA Kabupaten Cianjur mengevakuasi reruntuhan bambu yang menghalangi akses jalan, Alhamdulillah, evakuasi berjalan lancar,” jelas Memed pada Bewarapakidulan.info Minggu (13/6/2021).

Rencana ke depan, sambung Memed, Pemerintah Desa akan membangun TPT di lokasi tersebut guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

READ  Bencana Puting Beliung Hancurkan Sejumlah Rumah Warga

“Untuk rencana ke depan, lokasi ini akan kita bangun TPT, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tambahnya.

IMG 20210613 133835

Dilain pihak, petugas TAGANA Cianjur, Hasanudin Uden mengatakan, Selama dua hari ini hujan deras terus menguyur wilayah Cianjur yang berdampak bencana longsor khususnya di wilayah Kecamatan Warungkondang.

“Selama dua hari ini hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Warungkondang, berdampak pada bencana longsor di dua Desa, diantaranya, Desa Sukawangi dan Desa Bunikasih. Terutama Desa Bunikasih, pada hari Jum’at bencana longsor terjadi di wilayah ke Rw an 07 yang mengakibatkan dua rumah warga rusak berat, dan hari ini, longsor terjadi di ke Rw an 06,” tandas Uden. (AC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *