oleh

Cegah Penyakit Cikungunya, Babinsa dan Petugas Puskesmas Lakukan Pengasapan

CIANJUR, Bewara Pakidulan | Guna mengantisipasi penyakit melalui gigitan nyamuk seperti demam berdarah dan chikungunya, Babinsa Koramil 0806/KRT, bersama petugas Puskesmas Karangtengah Cianjur, melakukan pengasapan di wilayah Rw. 07 Kampung Kopo Desa Sukamanah, Senin (14/6/2021).

Kegiatan tersebut diikuti Sekertaris Desa bersama Bidan Desa Sukamanah.

Selain pengasapan, petugas juga melakukan penyuluhan dan sosialisasi pencegahan lewat gerakan 3M Plus.

Babinsa Koramil 0806/KRT, Sertu Amo mengatakan, di wilayah RT 01 dan RT 05/07RW 01 Desa Sukamanah, diduga ada yang terjangkit Cikungunya.

READ  Berkat Kredibilitas Yang Mumpuni, Dede .A.S Lolos Seleksi Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur

“Diduga ada beberapa warga yang kena chikungunya karena gejala-gejalanya seperti meriang, bintik-bintik di bagaian tubuh dan badan yang terasa ngilu,” katanya.

Petugas Puskesmas bersama-sama masyarakat mulai menggalakkan hidup bersih dan sehat, kebersihan lingkungan dari genangan air tempat perkembangan nyamuk, begitupun di dalam rumah dengan gerakan 3M Plus.

Gerakan 3M Plus yang sederhana tersebut yakni membersihkan penampungan air. Selain dibersihkan, kemudian penampungan air ditutup rapat untuk mencegah masuknya nyamuk untuk bertelur di sana.

READ  Koramil 0608-06/KRT, Selenggarakan Komsos dan Pembinaan Untuk Komponen Masyarakat

Dan yang terakhir mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti menaburkan bubuk larvasida, begitu juga penggunaan kelambu dan losion anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk saat istirahat atau tidur,” pungkasnya.

Gerakan 3M Plus bisa mengurangi risiko terkena gigitan nyamuk berbahaya ketika pergantian musim perkembangbiakan nyamuk yang cukup pesat. (Arif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *