oleh

Bencana Puting Beliung Hancurkan Sejumlah Rumah Warga

CIANJUR, Bewara Pakidulan | Bencana angin puting beliung disertai hujan deras merusak sejumlah rumah warga, tepatnya di Kampung Bojong Sawah Rt 03/09 dan Kampung Lembur Tengah RT 01/02, Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Kuatnya angin membuat atap rumah berterbangan dan sebagian lainnya ambruk.

Informasi yang dihimpun, kejadian berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB, Jum’at kemarin.

Diketahui, 3 rumah warga dan Mushola mengalami kerusakan, salah satunya rumah milik Aep (50) di Kp. Bojong Sawah, hingga bagian atap rumahnya terbawa angin kurang lebih sejauh 20 meter dan menimpa rumah lainnya.

“Saat kejadian, hujan cukup lebat, tiba-tiba suara deru angin sangat kencang, saya sempat panik, ketika keluar rumah, melihat atap rumah terbang sejauh 20 meter lalu menimpa rumah,” kata Aip warga setempat saat di lokasi pasca kejadian Sabtu (19/6/2021).

Menurut Aip, atap rumah tetangganya terbang, kurang lebih sejauh 20 meter. Ia melihat langsung dari bangunan lantai dua milik Aep yang menimpa menimpa rumah lainnya.

READ  Penyerahan Ribuan Masker Juga Disinfektan Untuk Warga

“Saya melihat langsung, atap rumah berterbangan tepat menimpa satu Mushola dan rumah lain, dan mendengar suara adzan, saking paniknya, warga berhamburan keluar rumah,” ujar Aip

Senada diungkap Badrudin, pemilik rumah yang mengalami rusak berat, la mengatakan saat kejadian memang sedang hujan deras, tak lama terdengar suara gemuruh angin dari atas rumah, setelah di lihat ternyata angin puting beliung menerjang bangunan lantai dua miliknya, hingga atapnya tersapu kurang lebih sejauh 20 meter.

“Bebeledugan, terdengar ada benda-benda berjatuhan di rumah lantai dua saya, setelah dilihat, ternyata atap rumah saya berterbangan dan menimpa rumah tetangga, juga dinding bangunannya hancur. Alhamdulillah tidak adak korban jiwa, tapi kerugiannya sekitar 40 sampai 60 juta rupiah,” ungkapnya, Sabtu (18/6/2021)

READ  Tingkatkan Upaya Pencegahan Covid-19, Pemukiman Warga Bunikasih Dilakukan Penyemprotan

Menyikapi hal tersebut, Kepala Desa Cisarandi H. Badrudin membenarkan, adanya peristiwa bencana alam angin puting beliung yang disertai hujan deras pada hari kemarin, akibatkan sejumlah rumah warga di Kp.Bojong Sawah RT 03/09 dan Kp. Lembur Tengah RT 01/02, pihaknya beserta jajaran pemerintah Desa Cisarandi langsung meninjau lokasi kejadian.

“Saya beserta Jajaran Pemerintah Desa, juga didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, meninjau lokasi juga membantu warga untuk mengevakuasi reruntuhan atap rumah. Ada 3 rumah dan satu mushola yang kondisinya rusak, dan yang paling parah rumah milik saudara Aep yang atap dan bangunannya hancur,” ujar kades.

Atas peristiwa tersebut, Pemerintahan Desa Cisarandi sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, antara lain pihak Kecamatan Warungkondang, BPBD Kabupaten Cianjur. (AC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *