oleh

Sulitnya Perkembangan Usaha Dirasakan Pengusaha Pakan Sapi

Cianjur, Bewarapakidulan.info|Ditengah pandemi yang tak berkesudahan, para pengusaha individu maupun kelompok kian merasakan bagaimana sulitnya menjalan roda perekonomiannya. Terlebih saat ini pergerakan usahanya seolah dipersempit, artinya ada batasan yang harus diikuti.

Satu dari sekian banyak pengusaha adalah Ade (45) warga asal Cipatik, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dia adalah seorang pengusaha industri kecil pakan sapi yang beralamat di Kampung Pasirendog, Desa Tanjungsari, Sukaluyu, Cianjur, di masa pandemi ini penghasilannya kian menurun drastis.

READ  Manfaatkan Sumberdaya Alam, Maman Buat Wuwung Genteng Dari Pasir Laut

“Benar sekali pak (red*), produksi saat ini  turun drastis karena harga bahan baku tidak menentu, sehingga harga jual pun sama. Belum lagi biaya operasional cukup membuat kami kebingungan,” kata Ade saat ditemui wartawan, Kamis (24/06/2021).

Ade menjelaskan, jauh sebelum adanya covid-19 tenaga kerja pengolahan mencapai 20 orang dan rata-rata perhari menghasilkan sampai 3 ton. Sementara saat ini paling banter hanya menghasilkan 1 ton saja.

READ  Warga Cipetir Desa Sukatani Haurwangi Mendapatkan Pemgobatan Gratis.

“Kalau rugi memang tidak, tapi dengan hasil seperti itu ya pas-pasan,” jelasnya.

Untuk menghemat anggaran, sambung Ade, dirinya mempekerjakan warga setempat. “Niat saya ingin membuka lapangan pekerjaan disini, sehingga upah kerjanya cukuplah. Artinya pekerja tidak perlu bayar kontrakan atau terbebani dengan biaya hidup karena dekat ke rumahnya masing-masing,” sambungnya.

“Saya berharap, semoga pandemi covid-19 ini, cepat berlalu dan situasi ekonomi secara kesuluruhan stabil,” tambah dan harapnya.(Noor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *